B.
UNSUR-UNSUR
ADMINISTRASI PERKANTORAN Menurut The Liang Gie dalam buku “Adminitrasi
Perkantoran Modern”, unsur-unsur administrasi perkantoran terdiri dari delapan
yaitu:
a.
Pengorganisasian
Organizing
yaitu mengelompokan kegiatan yang diperlukan, yakni menetapkan susunan
organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setiap unit yang ada dalam
oraganisasi, serta menetapkan kedudukan dan sifat hubungan antara masing-masing
unit tersebut.
b.
Manajemen
Management
berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain
untuk mencapai tujuan organisasi.
c.
Tata
hubungan
Humas adalah
fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi
dan lembaga swasta atau publik (public) untuk memperoleh pengertian, simpati,
dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan
penelitian opini public di antara mereka.
d.
Kepegawaian
Kepegawaian
merupakan segi yang berkenaan dengan sumber tenaga manusia (working force) yang
harus ada pada setiap usaha kerjasama
e.
Keuangan
Keuangan
merupakan segi pembiayaan (financing) dalam setiap administrasi. Dari sini
timbullah Administrasi keuangan yang mencakup
penganggaran belanja (budgeting), pembukuan (accounting), pemeriksaan
(auditing) serta tindakan-tindakan lainnya dalam bidang keuangan.
f.
Perbekalan
Perbekalan.
Istilah lainnya perlengkapan, persediaan, logistik, dan urusan rumah tangga.
Ini merupakan segi yang mengurusi kebutuhan-kebutuhan kebendaan dan
kerumahtanggaan yang juga tentu ada dalam setiap usaha bersama. Pada bidang ini
berkembanglah pengetahuan tentang administrasi perlengkapan (supply
administration), pembelian (procure-ment), persediaan, pergudangan, klasifikasi
dan standardisasi alat-alat, pengendalian harta benda (inventory and property
control)
g.
Tata
usaha
Ketatausahaan,
yaitu rangkaian kegiatan merencanakan, mengada-kan, mengirim, dan menyimpan
perbagai keterangan yang diperlukan dalam usaha kerjasama. Pada bidang ini
berkembang pengetahuan tentang administrasi perkantoran (office administration)
atau manajemen perkan-toran (office management), kesekretarisan, tata
persuratan, kearsipan, dan dokumentasi.
h.
Perwakilan
Unsur
perwakilan merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang berfungsi untuk
menciptakan sebuah hubungan baik dan berusaha untuk memperoleh banyak dukungan
dari masyarakat sekitar tempat usaha/perusahaan.
Terima kasih kak,sgt mmbantu,,,,
BalasHapusKalo boleh tau,kakak skolah dimana ?
Kayaknya nggak asing..hehe