a. Menurut Gie (2007: 3) yaitu :
“ Office management can be defined as the planning, controlling and
organizing of office work and actuating those performing it so as to
achieve the predetermined objectivities. It deals with the life cycle
of business information and data form their creation through their
maintenance, distribution and retention, if of permanent value or
destruction if obsolete ”.
(Manajemen perkantoran dapat didefenisikan sebagai perencanaan,
pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta
penggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan-tujuan
yang telah ditentukan lebih dahulu. Ini bersangkut paut dengan peredaran
hidup data dan keterangan perusahaan dri sejak penciptaannya melalui
pemeliharaan, penyebaran dan penyimpanannya kalau memiliki nilai tetap
atau pemusnahannya kalau usang ).
b. Menurut Mills (2001:4) yaitu: Bagian dari proses manajemen yang
berhubungan dengan institusi dan pelaksanaan prosedur yang digunakan
untuk menentukan dan mengkomunikasikan program dan perkembangan kegiatan
diatur dan dicek berdasarkan target dan rencana.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen perkantoran merupakan
rangkaian aktivitas merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan,
mengawasi dan mengendalikan hingga menyelenggarakan secara tertib
pekerjaan administrasi perkantoran untuk menunjang pencapaian tujuan
organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar