Fungsi Kantor
Menurut Mills, tujuan kantor
didefinisikan sebagai pemberi pelayanan komunikasi dan perekaman. Dari definisi
tersebut, Mills memperluas menjadi fungsi kantor (pekerjaan yang dilakukan)
yakni sebagai berikut:
a)Menerima Informasi (to receive information)
Menerima informasi dalam bentuk surat, panggilan telepon, pesanan,
faktur dan laporan mengenai berbagai kegiatan bisnis.
b)
Merekam dan menyimpan data-data serta informasi(to record information)
Tujuan
pembuatan rekaman adalah menyiapkan informasi sesegera mungkin apabila
manajemen meminta informasi tersebut. Beberapa rekaman (record) diminta untuk disimpan menurut hukum, atau disimpan untuk
memenuhi kebutuhan manajemen dalam perencanaan dan pengendalian perusahaan
seperti rician negosiasi, transaksi, korespondensi, pesanan, faktur atau
ringkasan rincian seperti laporan keuangan, laporan persediaan, dll.
c)
Mengatur Informasi (to arrange information)
Informasi
yang diakumulasi oleh kantor jarang dalam bentuk yang sama layaknya ketika
diberikan, seperti mengumpulkaninformasi dan sumber-sumber yang berbeda dan
membuat perhitungan/pembukuan. Kantor bertanggungjawab memberikan informasi
dalam bentuk terbaik dalam melayani manajemen, seperti penyiapan faktur/kuitansi,
penetapan harga, akuntansi, laporan keuangan, dll.
d) Memberi Informasi
(to give information)
Bila
manajemen diminta sejumlah informasi yang diperlukan, kantor memberikan
informasi tersebut dari rekaman yang tersedia. Sebagian informasi yang
diberikan bersifat rutin, sebagian bersifat khusus.Informasi-informasi tersebut
diberikan baik secara lisan maupun tulisan.Contoh informasi tersebu adalah
pesanan, anggaran, faktur/kuitansi, laporan perkembangan, laporan keuangan,
dll.
e)
Melindungi Aset(to safeguard
assets)
Selain empat
fungsi di atas, masih ada fungsi lain dari kantor yaitu mengamati secara cermat
berbagai kegiatan dalam perusahaan seperti diperlihatkan di dalam rekaman dan
mengantisipasi segala hal yang tidak menguntungkan yang mungkin terjadi.
Misalnya melaporkan adanya kekurangan persediaan, melaporkan adanya sejumlah
utang yang mungkin tidak terbayar saat akan jatuh tempo, rekaman vital seperti
kontrak besar harus dilindungi secara tepat, uang tunai harus disimpan di dalam
lemari besi maupun di dalam bank. Kantor harus berhati-hati terhadap makna
rekaman dan memperhatikan dengan segera hal-hal yang memerlukan tindakan
manajemen.
Kelima fungsi tersebut
harus dilaksanakan dalam setiap organisasi. Di dalam perusahaan kecil yang
hanya dikendalikan oleh satu orang, pelayanan kantor secara terpisah
(desentralisasi) mungkin tidak diperlukan. Akan tetapi, di dalam perusahaan
besar dan kompleks, direktur pengelola tidak dapat menangani secara pribadi
semua fakta yang berhubungan dengan perusahaan sehingga kantor besar atau
kompleks harus memenuhi fungsi tersebut.
Ciri-ciri Kantor Modern
Modern dalam hal ini bukan berarti gedung mewah atau pegawai dengan pakaian rapi.Modern yang dimaksud dalam hal ini dapat dilihat dari bagaimana prinsip-prinsip pelaksanaan kerjanya. Suatu kantor disebut modern jika setiap aktivitas telah diperhitungkan secara rasional sesuai kebutuhan kantor.
Ciri-ciri kantor modern dari segi aktivitasnya antara lain :
Ciri-ciri Kantor Modern
Modern dalam hal ini bukan berarti gedung mewah atau pegawai dengan pakaian rapi.Modern yang dimaksud dalam hal ini dapat dilihat dari bagaimana prinsip-prinsip pelaksanaan kerjanya. Suatu kantor disebut modern jika setiap aktivitas telah diperhitungkan secara rasional sesuai kebutuhan kantor.
Ciri-ciri kantor modern dari segi aktivitasnya antara lain :
a)
Merupakan alat penyambung panca indera dan ingatan pimpinan.
b) Membantu
pimpinan dalam mengambil keputusan dan pengaturan
pekerjaan.
pekerjaan.
c) Membantu
pimpinan dalam penyederhanaan kerja dan penyederhanaan
system.
system.
d) Membantu
efisiensi dalam pelaksanaan pekerjaan.
e) Memiliki
pegawai yang melaksanakan tugas dengan disiplin dan akuntabel
f)
Bekerja analitis, sistematis, rational, terbuka dan demokratis
g) Memiliki
sikap, cara berpikir, dan bertindak sesuai perkembangan jaman
h) Pelaksanaan kerja mengutamakan profesionalisme sesuai
dengan tuntutanjaman
i) Menggunakan teknologi baru dalam komunikasi, pengumpulan,
pengolahan dan pengelolaan data yang terus berkembang
j) Organisasinya dibangun
berdasarkan fungsi sehingga diharapkan dapat
menuntaskan segala macam pekerjaan tanpa harus khawatir tumpang tindihdengan pekerjaan lainnya
menuntaskan segala macam pekerjaan tanpa harus khawatir tumpang tindihdengan pekerjaan lainnya
k) Tugas-tugas
dibagi habis sedemikian rupa untuk menghindari terjadinya
penumpukan kekuasaan di satu tangan
penumpukan kekuasaan di satu tangan
l)
Setiap pekerjaan dilengkapi dengan SOP (Standart Operating Procedure),
untuk memudahkan pelaksanaannya
untuk memudahkan pelaksanaannya
Selain dari segi aktivitasnya, ciri-ciri kantor juga dapat dilihat
dari segi sarana dan prasarana yang
digunakan. Diantaranya adalah :
a) Punya
bangunan dan tata ruang yang baik serta modern
b) Seluruh
sitem administrasinya dibangun berbasis Teknologi Informasi
sehingga pelaksanaan pekerjaan lebih efisien, aman, dan akurat
sehingga pelaksanaan pekerjaan lebih efisien, aman, dan akurat
c) Perlengkapan kantor
sesuai dengan keperluan terkini, misalnya komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar