Manajemen oleh para ilmuan dapat di bagi atas beberapa fungsi, pembagian fungsi-fungsi manajemen ini tujuannya adalh :
a. Supaya systematika urutan pembahasannya lebih teratur
b. Agar analisis pembahasannya lebih mudah dan lebih mendalam
c. Untuk mencapai pedoman pelaksanaan proses manajemen bagi manajer.
Fungsi-fungsi manajemen antara lain:
1. Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah proses penentuan tujuan dan
pedoman pelaksanaan, dengan memilih yang terbaik dari
alternatif-alternatif yang ada.
Menurut Harold koontz dan Cyril o’donnel
berpendapat bahwa perencanaan ialah fungsi seorang manajer yang
berhubungan dengan memilih tujuan, kebijakan-kebijakan,
prosedur-prosedur, dan program-program dari alternatif-alternatif yang
ada.
Jadi masalah perencanaan adalah masalah “memilih” yang terbaik dari beberapa alternative yang ada.
2. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian adalah suatu proses penentuan,
pengelompokan dan pengaturan macam-macam aktivitas yang dilakukan untuk
mencapai tujuan, menempatkan orang-orang pada setiap aktivitas ini,
,menyediakan alat-alat yang diperlukan, menetapkan wewenang yang secara
relative didelegasikan kepada setiap individu yang akan melakukan
aktivitas-aktivitas tersebut.(Drs.H.Malayu S.P. Hasibuan)
Sedangkan menurut G.R.Terry, pengorganisasian adalah
tindakan mengusahakan hubungan-hubungan kelakuan yang efektif antara
orang-orang, sehungga mereka dapat bekerjasama secar efesien, dan dengan
demikian memperoleh kepuasan pribadi dalam hal melaksanakan tugas-tugas
tertentu dalam kondisi lingkungan tertentu guna mencapai tujuan atau
sasaran tertentu.
3. Pengarahan (actuating)
Pengarahan adalah pengarahan semua bawahan, agar mau
bekerjasama dan bekerja efektif untuk mencapai tujuan, menurut G.R.
Terry, pengarahan adalah membuat semua anggota kelompok agar mau
bekerjasama dan bekerja secara ikhlas serta bergairah untuk mencapai
tujuan sesuai dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian.
4. Pengendalian (controlling)
Pengendalian adalah proses pengaturan berbagai factor
dalam suatu perusahaan, agar sesuai dengan ketetapan-ketetapan dalam
rencana.
Menurut Harold Koontz, pengendalian adalah pengukuran
dan perbaikan terhadap pelaksanaa kerja bawahan, agar rencana-rencana
yang telah dibuat untuk mencapai tujuan-tujuan dapat terselenggara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar