Selasa, 18 April 2017

Faktor-faktor yang mempengaruhi tata ruang kantor


    1. Sistem Pencahayaan atau Penerangan
Jenis pencahayaan yang biasa digunakan dalam kantor dibagi menjadi 4, yaitu :
      • Natural lighting adalah pencahayaan yang berasal dari sinar matahari.
      • Task lighting (memerlukan konsentrasi yang tinggi).
      • Ambient lighting adalah penggunaan cahaya yang berasal dari penggunaan lampu-lampu yang berada di langit-langit ruang kantor.
      • Accent lighting adalah pencahayaan yang digunakan hanya di daerah tertentu saja.
Sistem pencahayaan atau penerangan ada 4, yaitu :
      • Penerangan direct dilakukan dengan mengarahkan cahaya 90-100% langsung ke area kerja.
      • Penerangan semi direct dilakukan dengan mengarahkan cahaya sekitar 60-90% ke bawah dan sisanya diarahkan ke atas, lalu dipantulkan kembali ke bawah.
      • Penerangan indirect dilakukan dengan mengarahkan cahaya sekitar 90-100% cahaya pertama diarahkan ke atas, lalu menyebar dan memantul ke bawah ke area kerja.
      • Penerangan semi indirect dilakukan dengan mengarahkan cahaya sekitar 60-90% diarahkan ke atas, lalu dipantulkan ke bawah dan sisanya juga diarahkan ke area kerja.
Menurut Keputusan Menteri Kesehatan No. 1405 tahun 2002, pencahayaan adalah jumlah penyinaran pada suatu bidang kerja yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif.
    1. Sistem Warna
          1. Macam-macam warna ada 3, yaitu :
      • Warna primer (warna pokok).
      • Warna sekunder (warna yang dihasilkan dari campuran warna primer).
      • Warna tersier (warna yang dihasilkan dari pencampuran warna primer dan sekunder).
      1. Arti warna dan efek psikologis
        • Merah berarti berani, sensual, mewah. Warna merah dapat mendatangkan energi, aktif, memberikan suasana hangat dan komunikatif, optimis, antusias, meningkatkan aliran darah dalam tubuh, dan bersemangat.
        • Kuning berarti kehangatan, bercahaya, cerah. Warna kuning dapat membangkitkan energi, mood (suasana hati), dan vitalitas.
        • Hijau berarti alami. Warna hijau dapat menyeimbangkan emosi seseorang sehingga lebih stabil, ruangan juga lebih segar, sejuk, dan tenang.
        • Biru berarti harmonis, tenang, lapang. Warna biru dapat menimbulkan perasaan tenang, sejuk, tentram, hening, damai, nyaman, dan aman.
        • Putih berarti orisinal, ringan, polos, tentram, nyaman, terang. Namun terlalu banyak warna putih dapat mendatangkan perasaan dingin, steril, dan kaku.
        • Merah muda berarti ceria, romantis. Warna merah muda dapat memberikan kesan lembut, menenangkan, mengesankan anak muda, dan bersifat kekanak-kanakan.
        • Oranye (jingga tua) berarti bersahabat, hampir sama dengan merah. Warna oranye dapat memberikan efek energik, fit, ramah, senang, gembira, penuh harapan, percaya diri, dan dapat mengurangi depresi atau perasaan tertekan. Namun bila berlebihan dapat merangsang perilaku hiperaktif.
        • Cokelat berarti netral, rendah hati. Warna cokelat dapat memberikan kenyamanan, kehangatan, anggun, dan elegan.
        • Abu-abu berarti serius, tenteram, damai. Warna abu-abu dapat memberikan keheningan dan kesan luas.
        • Hitam dapat memancarkan kekuatan, misterius, klasik, elegan.
        • Ungu berarti spiritual, magis dan mistis, feminim, antik, anggun, hangat, sensual, dan menarik perhatian orang.
      2. Pertimbangan dalam memilih warna ruang
        • Ukuran ruang.
        • Lokasi bangunan.
        • Lokasi ruangan.
        • Tipe ruang.
        • Bentuk ruang.
        • Tinggi ruang.
      3. Keuntungan penggunaan warna yang sesuai
        • Kantor lebih menarik dan menyenangkan.
        • Ruangan tidak terlalu silau akibat cahaya yang berlebihan.
        • Karyawan dapat bekerja lebih semangat, tenang, dan gembira.
        • Produktivitas kerja karyawan akan meningkat.
        • Karyawan merasa lebih lega dan rasa tertekan dapat berkurang.
        • Dapat meningkatkan citra yang baik bagi perusahaan.
    1. Sistem Pengaturan Udara Ruangan
Suhu udara yang disarankan untuk kondisi kerja dengan nyaman adalah 25,6 Celcius. Selain udara yang panas, ruangan yang lembab dapat mempengaruhi prestasi kerja karyawan.
Cara mengatasi udara panas dan lembab yaitu :
  • Ruang kantor menggunakan AC (air conditioner) yang dapat mengatur suhu udara ruang kerja secara otomatis.
  • Membuat ventilasi (lubang udara) yang cukup.
  • Memakai pakaian kerja yang sesuai dengan kondisi ruang.
Keuntungan pengaturan udara ruangan yang tepat dan baik antara lain :
    • Karyawan lebih nyaman dalam bekerja.
    • Semangat kerja karyawan dapat meningkat.
    • Kesehatan karyawan lebih terpelihara.
    • Produktivitas kerja lebih meningkat.
    • Kualitas kerja menjadi lebih baik.
    • Memberi kesan yang baik kepada tamu.
    1. Sistem Penataan Suara
Akibat yang ditimbulkan dengan adanya kegaduhan dalam kantor antara lain :
    • Konsentrasi karyawan terganggu.
    • Semangat kerja karyawan menurun.
    • Dapat terjadi gangguan mental atau saraf karyawan.
    • Karyawan tambah lelah.
    • Kesalahan kerja banyak terjadi.
    • Produktivitas kerja rendah.
Untuk mengatasi atau mengurangi agar kebisingan tidak terlaluberpengaruh dapat dilakukan dengan :
    • Ruangan diberi penyadap suara.
    • Di bawah mesin tik diberi alas karet sehingga suara mesin tik dapat diredam.
    • Pengadaan printer diusahakan yang tidak terlalu bersuara (laser).
    • Tempat pesawat telepon diusahakan di tempat yang khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar