Selasa, 18 April 2017

Berikut penjelasan tata ruang kantor berdasarkan tujuan, bentuk, dan pedomannya


  1. Tujuan Tata Ruang Kantor
    • Memberikan kenyamanan kepada karyawan sehingga karyawan betah dalam bekerja.
    • Memanfaatkan ruangan kantor dengan maksimal sehingga tidak ada ruang yang tidak berguna.
    • Memudahkan arus komunikasi dan arus kerja.
    • Memudahkan dalam pengawasan.
    • Memudahkan dalam memberikan pelayanan, baik pelayanan kepada rekan kerja maupun kepada pelanggan.
    • Memudahkan gerak karyawan dalam bekerja.
    • Memberikan rasa aman dan keleluasaan pribadi.
    • Menjauhkan dari kebisingan yang terjadi.
    • Memberikan pencitraan yang baik kepada pelanggan maupun tamu perusahaan.
  1. Bentuk-bentuk Tata Ruang Kantor
      1. Ruang kantor terbuka (open plan offices) adalah ruangan dimana semua kegiatan karyawan dilakukan bersama-sama dalam satu ruangan tanpa dipisahkan oleh tembok atau penyekat kayu.
Keuntungan tata ruang kantor terbuka yaitu :
        • Mudah merubah ruangan.
        • Mudah dalam berkomunikasi dan berkoordinasi antarkaryawan.
        • Mudah dalam pengawasan.
        • Menghemat penggunaan penerangan dan peralatan.
        • Memudahkan penempatan, penggunaan, dan perawatan peralatan kerja.
        • Memperlancar arus pekerjaan.
        • Cahaya mudah masuk dan udara mudah beredar sehingga suasana jadi lebih segar.
Kerugian tata ruang kantor terbuka yaitu :
    • Sulit melakukan pekerjaan yang bersifat rahasia.
    • Kebisingan akan mudah terjadi sehingga konsentrasi kerja terganggu.
    • Karyawan kurang leluasa dalam hal yang menyangkut pribadi.
      1. Ruang kantor tertutup (closed plan offices) adalah ruangan kantor yang dipisahkan oleh tembok atau penyekat kayu.
Keuntungan tata ruang kantor tertutup yaitu :
        • Pekerjaan yang sifatnya rahasia dapat terjaga.
        • Pimpinan maupun karyawan dapat bekerja lebih tenang karena terhindar dari kebisingan.
        • Karyawan lebih leluasa dalam bekerja.
Kerugian tata ruang kantor tertutup yaitu :
        • Pengawasan lebih sulit karena terhalang oleh penyekat.
        • Cahaya sulit masuk dan udara lebih sulit beredar sehingga suasana lebih pengap.
        • Perubahan tempat lebih sulit dilakukan.
      1. Ruang kantor semi tertutup adalah ruang yang disekat hanya setinggi 1,5 m. Keuntungan tata ruang kantor semi tertutup yaitu menjaga privasi kerja dan kerugian tata ruang kantor semi tertutup yaituperubahan tempat lebih sulit dilakukan.
  1. Pedoman Pembuatan Tata Ruang Kantor
      1. Asas-asas tata ruang kantor antara lain :
        • Asas jarak terpendek.
        • Asas rangkaian kerja.
        • Asas penggunaan seluruh ruangan.
        • Asas integrasi kegiatan.
        • Asas perubahan susunan tempat kerja.
        • Asas keamanan dan kepuasan karyawan.
      2. Prinsip-prinsip tata ruang kantor antara lain :
        • Bagian atau fungsi kerja yang berhubungan diempatkan berdekatan.
        • Pekerjaan dilakukan secara berkesinambungan dalam garis lurus.
        • Alur kerja harus sederhana.
        • Perlengkapan kantor diletakkan dekat karyawan yang menggunakannya.
        • Sebaiknya meja dan kursi dalam satu bagian mempunyai ukuran yang sama.
        • Perhatikan cahaya, sebaiknya tidak ada karyawan yang menghadap cahaya langsung.
        • Jika pekerjaannya banyak berhubungan dengan masyarakat, sebaiknya ditempatkan di bagian terdepan.
        • Jika ada pekerjaan yang dapat mendatangkan kebisingan, sebaiknya dijauhkan dari bagian yang lain dan dtempatkan dekat jendela

Tidak ada komentar:

Posting Komentar